HOMECPNS

Simak 8 Tips Untuk Lolos CPNS Tahun 2021

Selasa, 15 Jun 2021 09:43 WIB | dilihat: 1639 kali
Foto: Ilustrasi (foto pelantikan CPNS)

Buat kamu yang mau daftar seleksi CPNS tahun ini, berikut adalah beberapa tips & trik lolos tes CPNS yang bisa kamu aplikasikan.

Apa sih penyebab banyak orang gagal seleksi CPNS?

1. Terburu-buru input berkas online
Dengan antusias yang besar, kamu ingin segera mendaftar seleksi dengan mengumpulkan berkas secara online. Kadang, karena buru-buru, kamu jadi nggak memperhatikan berkas apa saja yang harus di-submit. Setiap instansi punya syarat dan ketentuan masing-masing. Untuk itu, coba lebih tenang dan lakukan pendaftaran secara hati-hati dan perhatikan dokumen yang diminta.

2. Tidak mempersiapkan surat keterangan akreditasi
Salah satu syarat yang harus dipenuhi kalau kamu melamar CPNS dengan kualifikasi pendidikan D3, S1, S2, atau S3 adalah ijazah dan surat akreditasi perguruan tinggi. Jadi, pastikan kamu menyiapkan berkas yang satu ini, ya. Minimal akreditasi perguruan tinggi ini adalah B.

3. Kurang memperhatikan data
Karena terburu-buru mengisi data, kadang kamu lupa untuk mengecek apakah data yang kamu input sudah benar atau belum. Pendaftaran CPNS tahun ini dilakukan sampai 21 Juni, jadi kamu bisa memilih waktu terbaik untuk daftar biar nggak terburu-buru. Siapkan berkas dan syarat-syaratnya agar saat mengisi data lebih mudah dan cepat.

4. Gagal di SKD
Seleksi Kemampuan Dasar (SKD), adalah seleksi awal sebelum tes selanjutnya. SKD ini terdiri dari 3 materi soal yaitu TKP, TIU, dan TWK. Kurang belajar dan manajemen waktu yang buruk jadi penyebab banyak yang gagal di tes ini. Kunci agar berhasil adalah banyak latihan, belajar manage waktu, dan tahu trik mengerjakan soalnya. Berdasarkan Permenpan RB NO 27 Tahun 2021, waktu pengerjaan SKD adalah 100 menit dan 130 menit bagi penyandang disabilitas.

Tips & trik CPNS ini ada dua, persiapan sebelum tes yang bisa kamu lakukan mulai sekarang, dan tips ketika melakukan tesnya. Kenapa butuh persiapan? Dalam seleksi CPNS, kamu bersaing dengan jutaan kandidat lainnya dari seluruh Indonesia. Persiapan dilakukan mulai sekarang untuk mengasah kemampuan kamu sebelum akhirnya bertempur menghadapi soal-soal tes CPNS.

 

Persiapan sebelum mengikuti tes:

1. Kunjungi website SSCASN BKN
Untuk mendapat informasi terkini seputar info CPNS dan PPPK, kamu harus rajin mengunjungi website sscasn.bkn.go.id. Informasi yang bisa kamu dapatkan di website ini misalnya, di seleksi CPNS 2021, kamu nggak perlu mengunggah beberapa dokumen seperti ijazah, Surat Tanda Registrasi, dan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Selain itu, kini semua informasi terkait seleksi ASN dapat dilihat melalui website SSCASN BKN. Berbeda dengan tahun sebelumnya di mana kamu harus mengunjungi website masing-masing instansi.

2. Memilih formasi
Agar peluang lolos semakin besar, maka kamu harus memilih formasi dengan tepat. Cari tahu informasi seputar formasi CPNS dan PPPK 2021 dari masing-masing instansi. Jangan hanya instansi pusat tapi juga daerah. Pilih formasi yang jarang dipilih orang lain. Tapi harus disesuaikan dengan minat, bakat, kemampuan, dan latar belakang pendidikanmu.

3. Pelajari kisi-kisi soal terbaru
Selain rajin update informasi tentang syarat, teknis, dan formasi, update kisi-kisi soal SKD juga penting. Kamu bisa mempelajarinya sesuai dengan yang ada di Permenpan RB No 27 Tahun 2021. Ada tambahan kisi-kisi di kategori soal TKP yaitu anti radikalisme.

4. Perbanyak latihan soal
Seperti yang kita tahu, tahun 2019 jumlah pendaftar seleksi CPNS mencapai 5 juta. Tahun ini, mungkin bisa lebih banyak mengingat formasi yang dibuka juga lebih banyak. Untuk bisa bersaing dan lolos passing grade, kamu harus rajin-rajin mengerjakan latihan soal dan belajar. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan simulasi CAT di cat.bkn.go.id/simulasi.

Ikuti kelas: Tryout CPNS Terlengkap - Uji Soal Kemampuan Dasar

5. Tahu urutan mengerjakan soal
Soal SKD terdiri dari 3 materi yaitu Tes Intelegensia Umum (TIU), Tes Karakteristik Pribadi (TKP), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Mengerjakan soal TIU membutuhkan waktu yang cukup lama, agar tidak membuang waktu, kamu bisa mengerjakan soal SKD dengan meletakkan TIU di tengah. Dimulai dari TKP, TIU, lalu TWK, atau TWK, TIU baru TKP.

 

Tips ketika melakukan tes CPNS:

1. Awali dengan doa
Setelah mempersiapkan diri dengan baik, akhirnya kamu tiba di hari H tes CPNS. Jangan lupa minta doa restu ke orang tua sebelum berangkat ke lokasi ujian. Agar diberi kelancaran dan kemudahan. Berdoa juga sebelum mulai mengerjakan soal.

2. Datang tepat waktu
Untuk menghindari terlambat, kamu bisa datang 90 menit sebelum tes dilakukan. Biar nggak kesiangan, jangan lupa pasang alarm, ya. Tahun ini, tes CPNS dilakukan dengan menaati protokol kesehatan. Setiap peserta diimbau untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari sebelum pelaksanaan tes. Jangan lupa jaga jarak dan menggunakan masker medis atau masker kain 3 lapis.

3. Pilih prioritas kategori soal
Tentukan materi soal mana yang ingin kamu kerjakan duluan. Ingat ya, dalam SKD, kamu harus menyelesaikan seluruh soal dalam waktu 100 menit. Jadi kira-kira satu soal harus selesai dalam waktu 54 detik. Kamu bisa mulai dari materi yang paling kamu kuasai, dan jangan terlalu lama menghabiskan waktu di satu soal.

4. Jawab dengan konsisten
Saat mengerjakan soal, kamu mungkin ragu-ragu dan berpikir untuk mengganti jawaban. Kalau bisa jangan, ya. Biasanya, jawaban yang kamu ganti itu malah salah. Selain itu, waktu mengerjakan soalnya juga jadi habis untuk mengganti jawaban.

5. Tahu passing grade
Kadang, meskipun sudah belajar dan banyak latihan soal, tetap saja ada soal-soal yang bikin kaget pas tes. Jangan panik, wajar kok kalau nggak bisa mengerjakan 1 atau 2 soal. Kamu bisa mencari tahu passing grade dari masing-masing kategori soal. Jadi bisa memperkirakan minimal soal yang harus terjawab benar. Kalau lebih? Ya bagus, dong. Saat ini passing grade dan komposisi soal ditetapkan oleh menteri berdasarkan Permenpan RB No 27 Tahun 2021. Jadi jangan lupa update terus, ya!

6. Tips mengerjakan soal TKP
Ketika mengerjakan soal TKP, baca pertanyaan terlebih dahulu, baru kemudian pernyataan. Cari kata kunci dari pernyataan dan hubungkan dengan opsi jawaban yang ada. Tes Karakteristik Pribadi (TKP) menguji seberapa bisa kamu mengendalikan diri. Untuk itu, jadilah pribadi yang disiplin, jujur, gigih, dan pandai mengelola emosi.

7. Tips mengerjakan soal TWK
Di soal TWK, kamu akan bertemu banyak pertanyaan seputar Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, sejarah Indonesia, bahasa dan nalar mengenai wawasan kebangsaan. Kunci mengerjakan soal TWK adalah hafal dan paham tentang wawasan kebangsaan ini.

8. Tips mengerjakan soal TIU
Ada 3 kemampuan yang harus dikuasai untuk mengerjakan soal TIU, yaitu kemampuan verbal, numerik, dan figural. Tips agar lancar mengerjakan soal ini adalah banyak latihan mengerjakan beragam soal TIU. Karena semakin banyak latihan soal, maka akan semakin banyak rumus-rumus yang kamu dapatkan dan kuasai.

 

Setelah SKD, ada Seleksi Kompetensi Bidang. Di tes ini, kamu akan diberikan banyak pertanyaan seputar bidang yang akan kamu geluti dan bidang lain seperti soal-soal potensi akademik. ***

Sumber:
blog.skillacademy.com